Thursday, June 7, 2012

my angklung



hah. .senangnya satu langkah beban hidupku terlewati.. skripsi/ tugas akhir terselesaikan juga, alhamdulilah. ujian pendadaran yang menyita seluruh jiwa, hati dan pikiranku akhirnya berlalu juga. thanks to all.^^. 

awal mei lalu aku dapet kesempatan : vacation to Bandung. Ayee. .seneng deh, namun sayang sang adinda tercinta tak dapat ikut serta karena sibuk kuliah, (semangat ya dek,hehehe). Bandung kota kembang. . dalam wisata di bandung ini kita berwisata ke berbagai tempat, wisata pertama yang kita kunjungi adalah ke Ciater (pemandian air panas), lalu diikuti tangkuban parahu, cihampelas, cibaduyut, tempat ular sutra, dan terakhir saung angklung mang udjo. . diantara tempat-tempat tersebut yang paling berkesan menurutku adalah di saung angklung mang udjo di jl. Padasuka no.118, Bandung. tempatnya asri, banyak bambu, dan pas itu rame bangget deh. .ternyata Saung angklung ini sangat digemari masyarakat lho, tak hanya wisatawan domestik bahkan mancanegara pun tertarik untuk mengunjungi tempat ini lho. . selain itu juga banyak mahasiswa/ siswa sekolah yang berbondong2 melihat pertunjukan di Saung angklung ini. 

Angklung adalah salah satu alat musik traditional khas Jawa Barat yang terbuat dari bambu, dan sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Untuk memainkannya, Anda cukup menggoyangkan dan menggetarkan angklung dengan tangan. Pada zaman dulu, angklung digunakan saat ritual keagamaan. Khususnya, digunakan sebagai media pengundang Dewi Sri, biasa disebut Dewi Padi atau kesuburan, untuk turun ke bumi dan memberikan kesuburan pada tanaman. 

sebelum masuk saung angklung udjo kita harus beli tiket dulu harganya Rp. 50.000,00 trus masuk masing - masing di beri selebaran (berisi jadwal pertunjukan dan deskripsinya). saat memasuki tempat pertunjukan kita disambut dengan di kalungi kalung angklung kecil lucu lho. . trus masuk kita disuguhi  wedang bajigur. Pertunjukan di saung nagklung udjo ini dilakukan setiap hari.  Pertunjukan saung angklung mang udjo di mulai pukul 15.30-17.30 . di awali dengan pembukaan oleh teteh - teteh cantik dan disusul dengan pertunjukan wayang cepot, pertunjukan angklung dengan berbagai kreasi, tari - tari dan Setiap orang, nantinya akan diberi satu angklung dan diajari cara memainkan angklung dengan benar.

saat itu aku dapet nada 3 'mi'.selain itu kita juga di ajari bermain dengan memainkan lagu. .rameee bangget deh,,pokoknya amazing bangget. dan di akhir acara kita ber-sayonara berpisah dengan melakukan tari - tari bersama penonton bagian depan. 

setelah puas melihat pertunjukan dan belajar angklung, kita dapat membeli cindera mata di samping tempat perrtunjukan, disana ada bermacam-macam cindera mata yang harganya cukup terjangkau. ada angklung, suling bambu, kain batik, tas, kaos, gantungan kunci, dsb pokoknya komplit deh dan pastinya khas saung angklung yaitu terbuat dari bambu. . 

gambar. tari - tari (lupa nama tari apa?,hahaha)

No comments:

Post a Comment