Wednesday, June 6, 2012

my cokromyklaten

wong Klaten tak kenal Cokro?hum hum. . sungguh kelewatan! tahukah anda, Cokro itu apa sih? ya, pasti orang Klaten dan sekitarnya tau lah ya? Cokro merupakan tempat pemandian di daerah Klaten tepatnya : adalah di desa Cokro, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten. . 

Untuk mencapai tempat wisata Cokro dari Delanggu, tinggal naik angkutan umum jurusan Tulung atau bus jurusan Klaten yang melewati Cokro atau menggunakan delman (andong/ dokar). Kalau arah dari Boyolali, maka nanti ketika sampai di kota kecil yaitu kecamatan Tulung, orang daerah sini masih menggunakan angkutan tradisional andong dan dokar atau kalau mau lebih asyik naik motor aja lewat sawah-sawah yang hijau nan menyejukan hati. . 

konon pada awalnya, objek wisata pemandian Cokro tulung hanyalah berupa kolam yang bersumber dari sebuah mata air (umbul)  yaitu umbul ingas, yang tidak pernah berhenti mengeluarkan airnya sepanjang musim.  di sekeliling umbul ini , terdapat pohon-pohon besar dan rindang, membuat sekitar umbul menjadi sangat nyaman. Cocok untuk sekedar duduk-duduk melepas lelah. Tanpa harus mandi, hanya memandangi aliran air yang bening saja, pikiran sudah tenang kembali. 

Kini, pemerintah daerah Klaten telah membangunnya menjadi sebuah komplek pariwisata modern menyerupai waterboom yang tak kalah di kota - kota besar itu lho. . disini airnya bener2 bening dan asli dari umbul, ada yang bilang air di Cokro ini adalah air surga, hehehe lebay yah,,tapi emang bener bening sih, jadi tak heran kalau orang menyebutnya air syurga^^,

untuk biaya masuk ke pemandian air Cokro ini sangat murah lho, hanya dengan Rp. 13.000,00 kita udah bisa masuk ke pemandian Cokro. .memasuki kawasan Cokro kita melewati jembatan yang cukup panjang dan sangat mengasyikan, karena jembatan ini terbuat dari kayu yang goyang-goyang saat kita melewatinya tapi jangan khawatir jembatan ini dijamin aman kok. .


pemandian air Cokro ini terbagi menjadi beberapa kolam. saat masuk kita disuguhi dengan sungai yang sangat bening. . di daerah samping ada kolam yang cukup dalam sekitar 1 m dalamnya serta didataran atas kita dapat menemui waterboom yang cukup mengesankan. waterboom ini ada yang khusus anak-anak dan juga dewasa. jadi untuk liburan keluarga, Cokro sangat cocok untuk destinasi liburan anda. tak hanya anak senang orangtua pun dapat menikmatinya. pokonya tidak bakal rugi deh berwisata ke Cokro. setelah kita jalan2 atau pun berenang yang cukup menguras energi, jangan takut. . di sepanjang sungai yang bening kita juga berwisata kuliner. . mau gorengan? atau teh hangat atau mie godok bisa kita nikmati disana, hummmp slurph rasanya beda lho dengan tempat lain pokoknya rasa tak kalah deh dengan yang di restoran (apa karena laper ya, jadi rasanya uenak sangad). .dan jangan salah disana gorengan segede2 bantal harganya cuma 500 an rupiah lho. maklum yang jualan orang asli daerah sana. 

No comments:

Post a Comment